Inilah Kapal Selam Paling Mematikan RUSSIA Bernama BOREI CLASS - Seputar Kapal

Inilah Kapal Selam Paling Mematikan RUSSIA Bernama BOREI CLASS

Loading...
SeputarKapal.Com - Inilah Kapal Selam Paling Mematikan RUSSIA Bernama BOREI CLASS. Dua kapal selam nuklir paling canggih Rusia akan diluncurkan pada tahun 2017. Vice Adm. Viktor Bursuk, Wakil Komandan Angkatan Laut Rusia mengatakan pekan lalu bahwa kapal selam rudal balisik Kelas Borei kelas Knyaz Vladimir dan kapal selam serang Kelas Yasen-M, Kazan “akan melayang keluar” pada akhir tahun depan.

Istilah “diluncurkan” dan “melayang keluar” tidak selalu berarti kapal selam akan siap untuk uji coba laut dan commissioning. Setelah mereka pindah dari galangan kapal ke dermaga mereka, sistem kapal selam baru akan diinstal.

Kapal Selam Kelas Borei dan Yasen mengalami siklus pengembangan yang berliku-liku setelah runtuhnya ekonomi pasca runtuhnya Uni Soviet. Meskipun kapal selam kelas Borei pertama Yury Dolgoruky, dibaringkan pada tahun 1996, kapal selam ini tidak bergabung dengan armada Rusia sampai tahun 2013. Demikian pula, kapal selam Kelas Yasen pertama, Severodvinsk, yang mulai dibangun pada tahun 1993 baru masuk layanan 20 tahun kemudian.

Kapal Selam Paling Mematikan RUSSIA Bernama BOREI CLASS 

Meskipun dua kapal selam kelas Borei lainnya telah memasuki layanan mengikuti Dolgoruky, Knyaz Vladimir akan menjadi yang pertama dari empat Kelas Borei, yang dikenal sebagai Kelas Borei-A, yang akan memasuki armada Rusia.

Konstruksi Knyaz Vladimir dimulai pada tahun 2012, dan dalam beberapa tahun mendatang, delapan kapal selam kelas Borei – lima jenis A dan tiga varian awal, akan ada di laut. Pada Jumat 23 Desember 2016, pembangunan kelas Borei Terakhir, Knyaz Pozharsky dimulai.

Sebuah artikel 2013 yang ditulis oleh seorang perwira angkatan laut AS Letnan Cmdr. Tom Spahn untuk majalah Proceedings membahas pentingnya kapal selam Borei dan Yasen. Tom Spahn berpendapat bahwa kelas Borei dan Yasen akan menjadi tulang punggung armada kapal selam Rusia. Angkatan Laut akan mengkonsolidasikan berbagai jenis kapal selam yang ada sekarang ini hanya menjadi dua kelas ini.

Kelas Borei yang berarti Angin Utara menelan biaya sekitar US$890 juta, menurut Spahn memiliki teknologi propulsi siluman seperti kapal selam Kelas Virginia Amerika. Borei juga mampu membawa 16 rudal balistik, sedangkan kelas Borei-A dikabarkan bisa membawa 20 rudal.

Kelas Yasen, atau Ash Tree, dirancang terutama untuk menyerang kapal selam lainnya, kapal permukaan dan mengumpulkan data intelijen. Kapal ini hanya membutuhkan 90 awak, jauh di bawah Virginia yang membawa 134 personel. Spahn mengatakan bahwa ukuran awak relatif kecil menunjukkan tingkat otonomi kapal selam Rusia.

Kru kecil dan sistem teknologi tinggi mungkin ada hubungannya dengan harga, Kelas Yasen awal, Severodvinsk, membutuhkan biaya sekitar $ 1,5 miliar. Kapal kedua, Kazan kemungkinan akan membutuhkan dana dua kali lipat.

Yasen, menurut Spahn ini, memiliki delapan tabung torpedo, mampu meluncurkan proyektil bawah laut yang bisa mencapai kecepatan sekitar 230 mph. Kelas Yasen juga dapat membawa berbagai macam rudal jelajah. Pada bulan April, Severodvinsk berhasil menguji menembakkan rudal jelajah Kalibr.

Kegiatan kapal selam Rusia telah terus meningkat sejak Rusia mengambil alih Crimea dari Ukraina pada 2014. Pada bulan Februari, laksamana NATO dari Angkatan Laut Inggris Vice Adm. Clive Johnstone, mengatakan bahwa komandan kapal selam NATO melaporkan “kegiatan kapal selam Rusia sekarang ini merupakan yang tertinggi sejak zaman Perang Dingin.”

Awal bulan Desember 2016, laporan berita mengindikasikan bahwa dua kapal selam rudal balistik kelas Oscar-II Rusia beroperasi di dekat berlayar kapal induk AS dan Prancis di Mediterania timur.

Angkatan Laut Rusia memiliki puluhan kapal selam, mayoritas merupakan kapal selam nuklir dan konvensional era-Soviet. Selain membangun kapal selam baru, Angkatan Laut Rusia juga memodernisasi beberapa kapal tua.

Sebagai perbandingan US Navy saat ini memiliki sekitar 50 kapal selam yang semuanya adalah kapal selam nuklir. Mereka akan membangun enam kapal selam kelas Virgnia baru hingga 2019.
loading...

0 Response to "Inilah Kapal Selam Paling Mematikan RUSSIA Bernama BOREI CLASS "

Post a Comment