4 Kapal Armada Pendukung Untuk Latihan Perang - Seputar Kapal

4 Kapal Armada Pendukung Untuk Latihan Perang

SeputarKapal.Com - Kapal Armada Pendukung Untuk Latihan Perang, Seluruh kapal perang TNI AL pasti memiliki inisial KRI yang berarti Kapal Perang Republik Indonesia, dan tidak terkecuali 3 kapal armada pendukung untuk latihan perang yang dimiliki TNI AL. Ada berbagai kapal khusus yang digunakan TNI AL untuk menggelar latihan perang demi menjaga daerah kedaulatan Indonesia, khususnya di daerah perairan Indonesia yang memang memiliki wilayah yang cukup luas. Latihan perang dilakukan secara berkala agar armada kapal perang TNI AL siap dalam menghadapi berbagai macam ancaman dari dalam maupun dari luar Indonesia.

Sebenarnya Indonesia, khususnya TNI AL memiliki kapal yang dikhususkan untuk latihan perang. Kapal yang digunakan sebagai armada pendukung latihan perang adalah kapal dengan tipe fregat dan bahkan ada juga kapal layar khusus latihan. Selain itu, kapal lain yang biasa digunakan untuk menjaga keamanan juga terkadang digunakan sebagai kapal latihan untuk membiasakan para awak untuk memahami kapal yang digunakannya.

4 Kapal Armada Pendukung Untuk Latihan Perang

Armada pendukung latihan perang juga dibagi menjadi beberapa kelas, dan berikut ini kelas armada pendukung latihan perang:

 1. Kapal Armada Pendukung Kelas Ki Hajar Dewantara
Kelas Ki Hajar Dewantara

Kelas Ki Hajar Dewantara merupakan tipe Fregat khusus latihan perang yang dibuat di Yugoslavia. TNI AL menamainya dengan KRI Ki Hajar Dewantara 364.

 2. Kapal Armada Pendukung Kapal Layar Kelas Schooner
 KRI Arung Samudera

Kapal Layar dengan kelas Schooner milik Indonesia KRI Arung Samudera ini berasal dari Selandia Baru dan digunakan sebagai kapal latih. Armada Timur TNI AL merupakan basis utama kapal ini. Memiliki karakteristik umum dengan berat 847 ton, panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter.

 3. Kapal Armada Pendukung Kapal Layar Kelas Barquentine
KRI Dewa Ruci

KRI Dewa Ruci merupakan kapal layar dengan kelas Barquentine yang dibuat di Jerman dan digunakan khusus untuk latih perang. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar milik TNI AL. Nama yang diambil merupakan nama dewa dalam tokoh pewayangan, yaitu Dewa Ruci. Memiliki ukuran panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dan berbobot 847 ton.

 4. Kapal Armada Pendukung KRI Diponegoro 365
KRI Diponegoro 365

Disamping itu masih ada kapal perang korvet kelas Sigma yaitu KRI Diponegoro 365 yang baru-baru ini telah menuntaskan latihan perang di Hawai. Latihan yang dimaksudkan untuk para prajurit KRI Diponegoro 365 yang memang bertugas sebagai pengawas. Latihan tersebut berupa latihan identifikasi visual kapal selam. Diharapkan skill pengawas di anjungan bisa lebih terasah dalam mengawasi dan mengidentifikasi kapal selam musuh. Selain itu ketrampilan operator sonar dalam mendeteksi keberadaan kapal selam diharapkan bisa terasah juga, baik dalam mode pasif maupun aktif.
Lihat Juga : 50 Kapal Perang TNI AL Buatan Indonesia Tercanggih dan Terbaru
Pelatihan sering dilaksanakan agar para awak kapal siap dalam menghadapi berbagai macam ancaman di wilayah perairan Indonesia. Demikian beberapa contoh 10 kapal armada pendukung untuk latihan perang yang dimiliki Indonesia.
Loading...

0 Response to "4 Kapal Armada Pendukung Untuk Latihan Perang"

Post a Comment