10 Jenis Perahu dan Bentuk Kapal Penangkap Ikan Yang Ada di Indonesia - Seputar Kapal

10 Jenis Perahu dan Bentuk Kapal Penangkap Ikan Yang Ada di Indonesia

SeputarKapal.Com - Jenis Perahu dan Bentuk Kapal Penangkap Ikan Yang Ada di Indonesia, Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai 10 jenis perahu dan bentuk kapal penangkap ikan yang ada di Indonesia. Kapal penangkap ikan adalah kapal atau perahu yang digunakan untuk menangkap ikan baik di sungai, danau, ataupun laut. Beragam jenis kapal laut digunakan pada penangkapan ikan rekreasi, olahraga, ataupun komersial. Berikut ini jenis dan bentuk kapal penangkap ikan di Indonesia.

10 Jenis Perahu dan Bentuk Kapal Penangkap Ikan

 1. Perahu Kano
Perahu Kano


Merupakan perahu tradisional yang dibuat dengan cara tradisional dan dioperasikan dengan menggunakan layar dan dayung, tanpa menggunakan mesin. Sejumlah perahu tradisional seperti kano ini masih dipakai di beragam negara berkembang dengan garis pantai perikanan produktif yang cukup panjang.

 2. Perahu Jukung
Perahu Jukung

Merupakan perahu dengan bentuk lambung yang sempit dan dilengkapi sayap. Dalam bahasa Filipina perahu jenis jukung ini mendapat sebutan Banca. Sama seperti kano, jukung pun masih banyak dipakai di beragam negara berkembang.

 3. Perahu atau Kapal Rekreasi
Perahu atau Kapal Rekreasi

Perahu atau kapal ini hanya dipakai untuk sarana rekreasi ataupun olahraga, tidak untuk tujuan komersial dan mempertahankan hidup. Untuk jenisnya sendiri bervariasi seperti kano, rakit, kayak sampai kapal jelajah atau cruisingships. Kapal yang semula bukan digunakan sebagai penangkapan ikan rekreasi pun bisa berubah fungsi secara tiba-tiba menjadi kapal rekreasi.

 4. Kapal Komersial
Kapal Komersial

Sejak ditetapkannya zona ekonomi ekslusif di beragam wilayah negara, pola penangkapan ikan internasional pun berubah. Kapal penangkap ikan mempunyai masing-masing spesialisasi serta kegunaan khusus untuk mengoptimalkan tangkapan tertentu seperti kapal penangkap ikan paus hingga kapal penangkap cumi. Standar keamanan pun meningkat sebab penangkapan ikan secara komersial termasuk pekerjaan yang mempunyai resiko tinggi.

 5. Perahu Pukat Hela
Perahu Pukat Hela

Disebut juga trawleryang merupakan kapal penangkap ikan yang dipakai untuk menarik jaring pada jalur pelayaran untuk sekaligus menangkap ikan dengan jumlah yang besar.

 6. Perahu Pukat Tarik
Perahu Pukat Tarik

Disebut juga seiner, merupakan kapal yang dilengkapi jaring penangkap ikan yang cukup lebar guna mengurung ikan. Secara umum banyak digunakan untuk menangkap ikan yang dekat dengan permukaan, namun sudah ada rancangan pukat yang bisa menangkap ikan laut dalam.

 7. Perahu Rawai
Perahu Rawai

Kapal rawai atau longlinermerupakan kapal yang memakai satu ataupun lebih kail atau tali dengan umpan dan kait yang dirangkai. Panjang dan jumlah kail, umpan, dan juga kait beragam tergantung ukuran kapal, jumlah kru dan level mekanisme kapal.

 8. Perahu Dredger
Perahu Dredger

Kapal keruk atau dredger digunakan dalam pengumpulan kerang di dasar lautan. Cara pengerukan dibagi menjadi pengerukan dengan menggunakan sekop atau dengan menggunakan kantung besar yang ditarik dan juga dengan menggunakan pompa hidrolik untuk penyedotan segala hal di dasar lautan.

 9. Perahu Pemasang Jebakan
Perahu Pemasang Jebakan

Merupakan kapal yang dipakai dalam pemasangan jebakan untuk penangkapan hewan di laut.

 10. Kapal Penelitian
Kapal Penelitian

Kapal yang digunakan dalam meneliti perikanan, bisa melakukan beragam metode penangkapan ikan dengan skala yang kecil dan dilengkapi laboratorium beserta peralatan modern, diantaranya radar cuaca, sonar, dan juga komunikasi satelit.
Lihat Juga : 6 Tragedi Mengerikan Kapal Nelayan Indonesia yang tak sengaja Direkam
Oke itu tadi sedikit pembahasan mengenai 10 jenis perahu dan bentuk kapal penangkap ikan yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda.
Loading...

0 Response to "10 Jenis Perahu dan Bentuk Kapal Penangkap Ikan Yang Ada di Indonesia"

Post a Comment