26 Jenis dan Nama Kapal Laut Berdasarkan Muatan dan Fungsinya - Seputar Kapal

26 Jenis dan Nama Kapal Laut Berdasarkan Muatan dan Fungsinya

SeputarKapal.Com - Macam Model Kapal Di Pergunakan Dunia Pelayaran, Kali ini kita akan mengenal macam-macam model kapal yang di pergunakan dunia pelayaran. Seperti kita tahu bahwa kapal adalah sebuah sarana transportasi yang di gunakan untuk mengangkut penumpang ataupun barang di laut maupun sungai.

Ada banyak sekali jenis kapal yang di kenal di dunia pelayaran. Hal itu sesuai dengan daya tampung serta kegunaan kapal tersebut. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai macam-macam model kapal yang banyak di gunakan dunia pelayaran.
Kapal Perang

26 Jenis Kapal Laut Di Dunia Pelayaran

 1. Kapal Perang
Kapal jenis ini hanya di gunakan oleh pihak militer untuk keperluan yang berkaitan dengan kemiliteran negara. Misalnya untuk melakukan patroli keamanan di perairan yang biasanya di lakukan di perbatasan wilayah, logistik, pengangkutan pasukan militer, dan keperluan militer lainnya.

Kapal ini di lengkapi dengan aneka jenis persenjataan yang lengkap dengan gudang amunisi sehingga jika sewaktu-waktu mendapatkan serangan mendadak maka kapal ini mampu memberikan perlawanan yang sepadan.

 2. Kapal Tanker
Kapal tanker adalah jenis kapal yang di buat khusus sesuai dengan kegunaannya yaitu mengangkut bahan bakar minyak atau cairan dan beberapa produk sejenis lainnya dalam jumlah yang besar. Kapal ini juga memiliki fungsi untuk membawa pipa saluran, minyak mentah, dan jenis minyak lainnya.

Di ketahui bahwa kapal dengan nama Knock Nevis adalah kapal pengangkut minyak yang terbesar di dunia. Kapal tanker ini memiliki beberapa jenis yaitu tanker kimia, tanker pengangkut gas alam cair dan tanker minyak.

 3. Kapal Pesiar
Kapal pesiar adalah salah satu kapal yang di gunakan dengan tujuan untuk bersenang-senang. Kapal ini biasanya terdapat di daerah pariwisata karena menawarkan perjalanan khusus yang penuh dengan hiburan. Biasanya kapal ini di lengkapi dengan fasilitas dari yang sangat mewah hingga fasilitas yang terjangkau kelas bawah.

Dengan visi untuk memberikan hiburan dan kenyamanan tentu saja bisa di tebak fasilitas apa saja yang terdapat di dalamnya seperti kamar tidur, restaurant, kolam renang, bahkan ada juga yang menyediakan salon atau butik di dalamnya. Biasanya kapal pesiar ini akan berlayar selama beberapa hari ke tengah lautan untuk mengajak para penumpang menikmati indahnya laut.

 4. Kapal Selam
Kapal selam adalah sebuah kapal yang kebanyakan di pergunakan oleh pihak militer karena teknologinya yang cukup canggih. Kapal yang memiliki kemampuan untuk bisa bergerak di bawah permukaan air ini di klaim mampu untuk menjadi pengawas musuh yang mengintai dengan cara bersembunyi di bawah permukaan air laut.

Selain memiliki kegunaan untuk tugas kemiliteran, kapal ini juga memiliki peran dalam bidang ilmu pengetahuan laut dan air tawar di mana memiliki tugas untuk menyelidiki kehidupan bawah laut dengan kedalaman yang tidak bisa di capai oleh manusia. Demikian beberapa deskripsi singkat mengenai macam-macam model kapal di dunia pelayaran.

 5. Kapal Roll-on/roll-off RoRo
Kapal di desain dalam mengambil kargo roda seperti mobil, truk, semi-trailer truk, trailer atau mobil kereta api yg didorong & mematikan kapal kepada mereka sendiri roda. Perihal ini tidak serupa bersama lo-lo (lift on-lift off) banyak kapal yg memanfaatkan derek buat memuat & membongkar muatan.

 6. Kapal Feri
Kapal Feri yaitu wujud transportasi, umumnya perahu atau kapal, difungsikan buat mengambil penumpang & kendaraan mereka di dalam air. Feri dipakai utk angkutan barang (dalam truk & kadang-kadang kontainer pengiriman unpowered) & bahkan gerbong kereta.

 7. Kapal kargo kontainer
Kapal kargo kontainer yaitu kapal yang dapat mengambil seluruh beban di dalam truk ukuran kontainer intermodal, dalam satu buah teknik yg dinamakan containerization.

 8. Kapal bulk carrier, kargo curah, atau bulker
Kapal bulk carrier, kargo curah, atau bulker yakni kapal dagang yg didesain khusus buat mengangkut kargo curah unpackaged, seperti biji-bijian, batu bara, bijih, & semen dalam kargo memegang. Dari kelebihan Kapal ini merupakan Daya angkut yang besar Lantaran rusak stowagenya juga Mungil.

 9. Kapal Tongkang 
Kapal Tongkang yakni perahu datar dibangun untuk transportasi sungai Serta kanal barang berat.

 10. Kapal Hopper tongkang 
Kapal Hopper tongkang yakni type non-mekanik kapal atau kapal yang tak sanggup bergerak bersama sendirinya, tak seperti sekian banyak kategori lain tongkang. Di Desain buat mengambil bahan-bahan, seperti batu, pasir, tanah & sampah, buat membuang ke laut, sungai atau danau buat reklamasi tanah.

 11. Kapal Angkat Berat 
Kapal angkat berat yakni kapal didesain utk memindahkan beban yg tak akan ditangani oleh banyak kapal rata rata di lengkapi. Mereka terdiri dari dua tipe : semi-submersible dapat mengangkat kapal lain ke luar dari air & mengangkutnya, & kapal utk menambah media bongkar di pelabuhan tak memadai di lengkapi.

 12. Kapal Floating Production
Daya Simpan & Pembongkaran kapal (FPSO, pula dinamakan "unit" & "sistem") merupakan satu buah kategori system tangki mengambang yg dipakai oleh industri minyak lepas pantai & gas & di desain buat membawa seluruhnya minyak atau gas yg dihasilkan dari platform terdekat atau template, proses, & menyimpannya hingga minyak atau gas mampu diturunkan ke kapal tanker atau diangkut lewat pipa.

 13. Kapal Selma Pendukung
Suatu kapal selam dukungan yakni kapal yg difungsikan yang merupakan basic mengambang buat proyek-proyek menyelam profesional

 14. Kapal Pemadam kebakaran 
Kapal Pemadam kebakaran yaitu perahu kusus, tidak jarang menyerupai kapal tunda, dgn pompa & nosel yg di desain utk memerangi pantai & kebakaran kapal.

 15. Kapal PSV
Suatu pasokan Platform kapal (disingkat  PSV) yakni kapal yg di desain kusus buat memasok platform minyak lepas pantai. Kapal ini berkisar 65-350 meter panjangnya & menyelesaikan beraneka pekerjaan. Fungsi utamannya yaitu sebagi alat transportasi barang & personil dari platform minyak lepas pantai & struktur lepas pantai yang lain

 16. Satu Buah kapal tunda (tug)
yaitu perahu yg manuver kapal dgn mendorong atau penarik mereka. Tugs memindahkan kapal yg tak mesti bergerak diri mereka sendiri, seperti banyak kapal di pelabuhan yg ramai atau satu buah kanal yg sempit, atau mereka yg tak mampu bergerak sendiri, seperti tongkang, kapal cacat, atau platform minyak. Kapal tunda yg kuat buat ukuran mereka & teramat dibangun, sekian banyak laut-pergi. Sekian Banyak kapal tunda berfungsi juga sebagai pembuka percakapan atau perahu penyelamatan. Kapal tunda awal mempunyai mesin uap, hri ini mesin diesel yg diperlukan.

 17. Suatu lapisan kabel atau kabel kapal 
yakni kapal laut yg di desain & dimanfaatkan buat memasang kabel bawah air buat telekomunikasi, listrik, & semacamnya. Suatu suprastruktur agung, & satu atau lebih gulungan yg makan dari jendela diatas pintu itu, membedakannya dari tipe lain kapal.

 18. Satu Buah kapal derek,
crane kapal atau floating crane ialah kapal yg husus dalam mengangkat beban berat. Kapal derek paling besar yaitu tidak jarang diperlukan utk konstruksi lepas pantai. Kapal yg lebih akbar tidak jarang semi-submersible, namun pula monohulls konvensional diperlukan. Salah satu perbedaan dgn sheerleg yaitu bahwa crane sanggup berputar.

 19. Drillship
Yaitu kapal maritim yg sudah di lengkapi bersama sarana pengeboran. Aspek ini amat sering dimanfaatkan utk eksplorasi pengeboran minyak baru atau sumur gas di perairan dalam atau buat pengeboran ilmiah. Drillship pun bakal difungsikan yang merupakan platform utk lakukan dgn baik tugas pemeliharaan atau penyelesaian seperti casing & tubing instalasi atau instalasi pohon bawah laut. Faktor ini tidak jarang dibangun dgn spek rancangan perusahaan produksi minyak & / atau investor, namun pun akan jadi lambung kapal tanker dimodifikasi di lengkapi bersama system positioning yg dinamis buat mempertahankan posisinya sewaktu well.Drillships cuma salah satu trick utk laksanakan pengeboran eksplorasi. Fungsi ini pun sanggup dilakukan oleh Semi-submersible, tongkang jackup, tongkang, atau rig platform.

Pengerukan merupakan aktivitas penggalian atau operasi rata-rata dilakukan setidaknya sebahagian bawah air, di laut dangkal atau daerah air tawar bersama maksud menyatukan sedimen basic & membuang mereka di mengeruk location.A tidak sama merupakan piranti utk Scraping atau mengisap basic laut , Pengerukan mampu membuahkan bahan buat reklamasi atau maksud lain (rata rata terkait dgn konstruksi),
 20. Kapal Penangkap Ikan
Satu Buah kapal penangkap ikan merupakan perahu atau kapal yg dipakai buat menangkap ikan di laut, atau di suatu danau atau sungai. Beraneka Ragam tipe kapal yg dimanfaatkan dalam penangkapan ikan komersial, rakyat & rekreasi.

 21. Kapal penelitian (RV atau R / V)
merupakan kapal di desain & di lengkapi buat lakukan penelitian di laut. Penelitian pembuluh lakukan sebanyak peran. Sekian Banyak peran ini bakal dikombinasikan ke dalam pembuluh tunggal, yg yang lain memerlukan kapal kusus.

 22. Pelabuhan kapal tunda.
Kapal tunda historis yakni kapal berlayar di laut perdana yg menerima propulsi uap, kebebasan dari pembatasan angin, & kebolehan buat bertolak ke segala arah. Bersama begitu, mereka dipekerjakan di pelabuhan utk mempermudah kapal di docking & keberangkatan

 23. Kapal tunda amat sangat bermanuver,
Bermacam macam system propulsi sudah dikembangkan utk meningkatkan kapabilitas manuver & meningkatkan keamanan. Kapal tunda awal yg di lengkapi dgn roda dayung, namun ini serta-merta digantikan oleh baling-driven kapal tunda. Nozel Kort sudah ditambahkan utk meningkatkan dorong per KW / mobile phone. Elemen ini diikuti oleh kemudi nosel-, yg menghilangkan kepentingan utk kemudi konvensional. Baling-baling cycloidal dikembangkan sebelum Perang Dunia II & kadang-kadang dimanfaatkan dalam kapal tunda dikarenakan manuver. Sesudah Perang Dunia II itu pun terkait dgn keselamatan sebab perkembangan Traktor Air Voith, konfigurasi kapal tunda yg tak akan ditarik oleh derek nya. Kepada akhir 1950-an, Z-drive atau (azimuth thruster) dikembangkan. Meski kadang-kadang dinamakan juga sebagai system Schottel, tidak sedikit merk ada : Schottel, Z-bling-bling, Duckpeller, Thrustmaster, Ulstein, Wartsila, dll system propulsi yg dipakai terhadap kapal tunda yg didesain buat tugas-tugas seperti docking kapal & konstruksi kelautan. Baling-baling konvensional / kemudi konfigurasi yg lebih efisien buat port-to-port penarik.

 24. Kapal kargo atau kapal barang
yakni tiap-tiap type kapal atau kapal yg mengambil kargo, barang, & bahan dari satu port lain. Ribuan operator kargo laut mengarungi samudra dunia & tiap-tiap thn, mereka menangani sebahagian gede perdagangan internasional. Kapal kargo kebanyakan di desain kusus utk pekerjaan tersebut, paling sering di lengkapi bersama crane & prosedur yang lain utk memuat & membongkar, & datang dalam seluruhnya ukuran

 25. The Landing Craft,
Tank (Landing Craft Tank) merupakan Kapal serbu amfibi pendaratan Utk tangki di beachheads. Sampel Perdana kali tatkala Perang Dunia Muncul Ke-2. Mereka dipakai oleh Angkatan Laut Kerajaan Angkatan Laut AS murah Perang Dunia II Dalam,. Yg terakhir ini difungsikan mereka sesudah di bawah sebutan ITU Yg tidak serupa Dalam, Perang Korea Perang Vietnam murah. Tatkala Perang Dunia II, mereka biasa dinamakan Dgn singkatan

 26. Kapal berlayar 
sekarang ini dipakai buat mengacu kepada tiap-tiap kapal bertenaga angin agung. Dalam istilah teknis, suatu kapal satu buah kapal berlayar dgn rig spesifik dari setidaknya tiga tiang, persegi dicurangi kepada seluruhnya dari mereka, menciptakan kata sifat berlayar berlebihan. Dalam ternama "kapal" jadi terkait bersama pemakaian seluruh kapal berlayar agung & saat tenaga uap datang kata sifat jadi butuh. Kapal berlayar agung yg tak bisa saja kapal dicurangi lebih serasi dinamakan perahu.
Loading...

0 Response to "26 Jenis dan Nama Kapal Laut Berdasarkan Muatan dan Fungsinya"

Post a Comment