Ternyata Indonesia Mempunyai Kapal Kargo Terbesar Milik Pertamina - Seputar Kapal

Ternyata Indonesia Mempunyai Kapal Kargo Terbesar Milik Pertamina

Loading...
SeputarKapal.com - Indonesia Mempunyai Kapal Kargo Terbesar Milik Pertamina, Perkembangan teknologi yang di miliki negara Indonesia semakin menunjukkan keberadaannya di dunia. Seperti di ketahui bahwa PT. Pertamina telah memiliki satu kapal kargo yang di klaim menjadi salah satu kapal kargo terbesar Indonesia dan menjadi salah satu kapal yang terbesar di dunia.

Bekerja sama dengan produsen kapal Hyundai Heavy Industries yang berada tepatnya di Ulsan Korea Selatan, PT.Pertamina memiliki sebuah kapal kargo besar yang di kenal dengan nama Very Large Gas Carrier (VLGC).

Nama Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC)
Kapal ini adalah sebuah kapal kargo yang di gunakan untuk membawa bahan bakar minyak dan gas baik dalam negeri maupun ke luar negeri khususnya untuk keperluan impor.

    6 Keuntungan Memiliki Kapal Kargo    

Kapal Kargo Terbesar Milik Pertamina

 1. Mempunyai Aset tersendiri
Kapal VLGC ini di beri nama VLGC I yang memiliki muatan sebanyak kurang lebih 80.000 m3 dengan total biaya yang dihabiskan adalah sekitar US$ 76,2 juta atau setara dengan Rp.760 miliar.

 2. Menghemat Biaya Sewa
Pertamina memiliki target khusus saat memutuskan untuk membeli kapal VLGC tersebut.Dengan memiliki kapal kargo sendiri maka biaya sewa bisa di pangkas sehingga lebih hemat serta kita memiliki aset tersendiri.

 3. Mempunyai Teknologi Canggih
Di samping itu, kapal VLGC ini sudah memiliki teknologi “green technology” sehingga di pastikan kapal itu bisa di gunakan dengan aman karena lebih ramah lingkungan serta lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

 4. Memiliki 4 tabung Besar
Kapal ini memiliki 4 buah tabung besar yang memiliki fungsi untuk menampung propane dan butane dalam bentuk liquid. Di mana kedua zat tersebut akan mengalami proses pendinginan terlebih dahulu hingga mencapai titik beku yang di harapkan yang kemudian akan di panaskan hingga mencapai suhu 6derajat celcius ketika melakukan pengisian antar kapal.

 5. Bebas Berlabuh Dinegara manapun
Kapal VLGC I ini masuk ke negara Indonesia pada tanggal 17 September 2013 dengan membawa bendera Panama. Tentang keberadaan bendera Panama di jelaskan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina memiliki tujuan khusus yaitu agar supaya kapal kargo terbesar Indonesia ini bisa di terima di seluruh pelabuhan yang ada di dunia.

 6. Memiliki Awak Kapal Orang Indonesia
Target dari PT. Pertamina adalah bahwa kapal milik Pertamina ini bisa memiliki klasifikasi dengan tingkat kelas internasional sehingga Indonesia bisa semakin di perhitungkan di mata dunia. Namun PT. Pertamina tetap menggunakan sumber daya manusia asli Indonesia sehingga seluruh awak kapal ini adalah orang Indonesia asli meskipun kapal bukan buatan asli Indonesia.

Adapun beberapa peraturan di terapkan ketika naik kapal VLGC ini. Di antaranya adalah

  • Tidak boleh memotret dengan menggunakan cahaya flash, 
  • Tidak boleh membawa korek api dan tidak boleh menyalakan ponsel. 

Kapal VLGC adalah kapal yang mengangkut gas yang masih murni sehingga jika ternyata terjadi kebocoran dalam kapal, kita tidak akan bisa mencium baunya sedikit pun. Oleh karena itulah, beberapa prosedur keamanan yang cukup ketat harus di laksanakan demi keselamatan bersama.

Kapal ini memiliki panjang badan kapal 225 meter, dengan lebar badan kapal 37 meter serta tinggi badan kapal yang mencapai 51 meter. Demikian sedikit ulasan mengenai kapal kargo terbesar Indonesia VLGC I.
loading...

0 Response to "Ternyata Indonesia Mempunyai Kapal Kargo Terbesar Milik Pertamina"

Post a Comment